Galeri | Link Informasi | Hubungi Kami | Forum | Peta Situs Indonesia | English       
Pencarian :      
 
  • Pengumuman Lomba Penghargaan Citra Pesaona Award (CIPTA Award) 2014 dapat dilihat pada menu : Berita > Pengumuman
 
 Berita Utama
 Pengumuman
 Agenda
 Kegiatan Pembangunan
 Publikasi
 Kegiatan Pertemuan
 Info Peluang
 Pengadaan Barang/Jasa
 Rencana Umum Pengadaan (RUP)
 Pidato
 
Berita Utama
Siaran Pers: Menparekraf Kunjungi Pusat Busana Muslim Pasar Tanah Abang dan Thamrin City Mall
11-Jul-2013 17:00

Jakarta, 11 Juli 2013 -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu mengadakan kunjungan kerja ke pusat penjualan busana muslim di Pasar Regional Tanah Abang dan Thamrin City Mall Jakarta Pusat, Kamis (11/7). Kunjungan kerja ini sebagai rangkaian menyambut bulan suci Ramadhan 1434 H serta hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1434 H.

“Sudah sejak lama kedua tempat ini menjadi destinasi belanja produk garmen dan busana karena menawarkan harga yang kompetitif dan desain serta kualitas yang baik. Selain wisatawan nusantara yang memang menjadikan Pasar Tanah Abang dan Thamrin City sebagai daftar kunjungan mereka ketika berada di Jakarta, makin banyak wisatawan mancanegara yang meluangkan waktunya untuk berkunjung ke sini. Tentunya ini adalah kesempatan yang baik untuk mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif,” komentar Mari.

Mari menambahkan Indonesia memiliki potensi sebagai salah satu pusat mode dunia, khususnya untuk busana muslim, karena memiliki sumber daya kreatif dan warisan budaya melimpah. “Jika Indonesia mampu mengangkat keunikannya, maka sudah dapat dipastikan kelak Indonesia dapat menjadi sumber inspirasi bagi pengembangan mode di dunia,” imbuh Mari.

Pasar Regional Tanah Abang sejak lama dikenal sebagai pusat perniagaan tekstil dan garmen termasuk busana muslim yang belakangan ini berkembang pesat.  Para pengunjung  di pusat grosir garmen dan busana Blok A dan Blok B Pasar Tanah Abang mencapai sekitar 80 ribu dan 30 ribu setiap hari.  Mereka datang dari berbagai daerah di Indonesia serta mancanegara antara lain Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Afrika, Arab Saudi, India, Australia, dan sejumlah negara Eropa.

Produk kreatif busana muslim menjadi salah satu daya tarik para pengunjung Pasar Tanah Abang dan Thamrin City Mall. Produk kreatif fesyen Indonesia ini semakin berkembang seiring dengan kuatnya tekad para stakeholders; produsen tekstil, para desainer, dan pelaku bisnis berkeinginan menjadikan Indonesia sebagai pusat mode busana muslim Asia pada 2020 dan dunia tahun 2025 mendatang.

Banyak karya para desainer busana muslim Indonesia digemari masyarakat mancanegara. Hal itu antara lain terlihat tingginya minat masyarakat pada acara pegelaran fashion show seperti fashion week maupun ramainya perdagangan busana muslim  terutama dalam menyambut momen istimewa Hari Raya Idul Fitri. 

Selain mengunjungi Pasar Regional Tanah Abang Menparekraf juga berkunjung ke Thamrin City Mall yang belakangan ini berkembang sebagai pusat busana muslim dan batik. Berbagai macam busana muslim dan batik dengan kualitas dan corak dijual di tempat ini. Pihak pengelola Thamrin City Mall, yang diresmikan pada 2011,  menjadikan sebagai Pusat Batik Nusantara  dengan memberikan kesempatan para pengrajin dari berbagai daerah di Indonesia sebagai etalase untuk mengenalkan, mempromosikan, serta melakukan penjualan produk kreatif mereka.

Pada kesempatan kunjungan itu Menparekraf Mari Elka Pangestu menyempatkan diri melakukan dialog dengan para pedagang dan pengunjung. Menparekraf  mengatakan, busana muslim memberikan kontribusi yang besar bagi pengembangan sub-sektor fashion. “Busana muslim memberikan kontribusi besar terhadap mode Indonesia yang akan menjadi salah satu pusat mode dunia pada 2020 mendatang,” kata Mari.

Di bawah portfolio Kemenparekraf, subsektor fashion menjadi bagian dari ekonomi kreatif berbasis Media, Desain, dan Iptek (MDI). Bersama dengan subsektor kuliner, fashion adalah kontributor terbesar sektor ekonomi kreatif.  Angka sementara tahun 2012 menyatakan kontribusi sektor ini terhadap PDB mencapai Rp164,6 triliun dan menyerap sekitar 3,8 juta tenaga kerja. (Puskompublik)

Statistik

selengkapnya

Daftar UPT
Video

30 Ikon Kuliner Tradisional Indonesia30 Ikon Kuliner Tradisional Indonesia

Selengkapnya...
Kalender Agenda
PPID

JDIH

LPSE

Daftar Pengunjung
 
   
copyright@2012 ministry of tourism and creative economy. All rights reserved